Tips Merawat Sepatu Kulit Kesayangan Anda

Merawat Sepatu kulit yang dipakai sehari-hari tidak terlalu sulit seperti yang Anda bayangkan dan bahkan hanya memerlukan sedikit waktu saja untuk merawatnya. Ketahui juga cara untuk menyimpan dan merawat sepatu kulit saat tidak digunakan.

Tips Merawat Sepatu Kulit Kesayangan Anda

Sepatu berbahan kulit menjadi favorit dari sebagian banyak orang karena bahannya yang mengikuti bentuk kaki sehingga terlihat bagus. Sepatu dengan kulit asli relatif lebih mahal namun itu sepadan untuk kenyamanan kaki Anda. Tetapi dalam merawat sepatu kulit juga memiliki cara tersendiri dan perlu diperhatikan agar tahan lama dan bisa menjadi aset yang bisa dipakai terus untuk jangka waktu yang panjang.

Cara Merawat Sepatu Kulit

Berikut ini kami akan menjelaskan cara untuk merawat dan menyimpan sepatu kulit yang benar untuk mencegah sepatu tersebut rusak. Ada berberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Biasakan tidak memakai sepatu kulit yang sama terus-menerus, cobalah untuk memakai sepatu kulit secara bergantian agar sepatu tersebut bisa istirahat dan sekalian mengeringkan sepatu kulit tersebut dari kelembapan.
  2. Hindari sepatu kulit Anda dari air atau kelembapan. Apabila basah pastikan Anda langsung mengeringkan sepatu tersebut sepenuhnya, masukkan gumpalan kertas koran dan mengangin-anginkan sepatunya dan jangan mengeringkan sepatu kulit dengan cara dijemur atau diletakkan ditempat panas karena dapat menyebabkan bahan kulit retak dan kering.
  3. Gunakan pengganjal khusus sepatu pada saat sedang tidak gunakan untuk menjaga bentuk sepatu kulit tetap bagus. Pengganjal sepatu yang terbaik adalah yang terbuat dari bahan kayu aras (cedarwood) karena memiliki bau yang menangkal ngegat dan juga bagus sebagai penyerap bau dan lembab.
  4. Pakai sendok sepatu atau tanduk sepatu pada saat memakai sepatu untuk menjaga bentuk dari bagian belakang sepatu kulit Anda.

Cara Membersihkan Sepatu Kulit

Cara Membersihkan Sepatu Kulit

Membersihkan sepatu kulit atau menyemirnya bukan hal yang sulit. Cukup perhatikan jenis bahan kulit dan gunakan produk yang sesuai untuk sepatu Anda. Pastikan Anda selalu membaca label perawatan sebelum membersihkan sepatu. Jika Anda masih ragu cobalah sedikit pada bagian yang tersembunyi untuk melihat hasilnya, jika bagus maka lanjutkan bersihkan keseluruhan sepatu. Berikut ini langkah membersihkan sepatu untuk mendapatkan hasil maksimal :

  1. Bersihkan sepatu dari lumpur dan debu, jika sepatu terbuat dari bahan kulit suede atau berbulu maka gunakan sikat lembut untuk bahan suede. Namun jika sepatu terbuat dari bahan kulit halus cukup gunakan lap dengan bahan halus.
  2. Pakai kondisioner untuk bahan kulit. Produk ini biasanya tidak berbau dan tidak mengubah atau meninggalkan warna serta dapat berfungsi untuk menjaga kelenturan kulit. Manfaatkan lap bersih untuk mengaplikasikan pada sepatu dengan gerakan melingkar, kemudian diamkan selama 20 menit hingga produk terserap.
  3. Selanjutnya Anda bisa menggunakan semir sepatu padat. Gunakan lap khusus sepatu kulit dan menggosokkan semir ke sepatu kulit dengan gerakan melingkar, bungkus jari telunjuk dan tengah Anda dengan lap untuk melakukan gerakan ini kemudian diamkan sepatu selama kurang lebih 15 menit hingga semir terserap.
  4. Langkah terakhir adalah membuat sepatu berkilap dengan menggosoknya sekali lagi dengan lap bersih dan kering tetapi tidak menggunakan semir lagi. Anda bisa menggosok dengan cepat dan ringan untuk mengambil sisa produk semir. cara mengkilapkan sepatu kulit seperti ini dianjurkan karena panas yang dihasilkan dari gerakan menggosok akan membuat sepatu nampak mengkilap.

Namun sesekali Anda boleh memanjakan sepatu kulit Anda dengan membawanya ke perawat sepatu kulit profesional. Tetapi untuk perawatan harian cara diatas akan membantu menjaga tanpa memakan waktu.