Cara Membersihkan dan Merawat Sepatu Boots Kulit

Cara Membersihkan dan Merawat Sepatu Boots Kulit

Sepatu bot kulit seperti pernikahan: indah, mahal, tetapi dibuat untuk bertahan lama—kecuali jika Anda mengabaikannya, dalam hal ini sepatu bot itu akan hancur sebelum waktunya. Tapi jika dipelihara, mereka akan bertahan sampai maut memisahkan.

Ini semua tentang perawatan yang tepat. Beberapa merek menawarkan kit yang lengkap, dengan sebagian besar peralatan yang Anda butuhkan untuk jangka panjang, tetapi Anda dapat mengumpulkan yang solid milik Anda sendiri. Kabar baiknya adalah bahwa merawat sepatu bot Anda relatif murah. Berikut ini cara melakukannya hanya dalam empat langkah :

1. Membersihkan

Anda akan membutuhkan beberapa kain katun untuk seluruh proses. Saya suka menggunakan T-shirt katun bekas yang dipotong menjadi beberapa bagian. Gunakan kain yang berbeda untuk setiap langkah.

Pertama, lepaskan tali dan ambil sikat pembersih debu, yang memiliki bulu kaku seperti bulu babi, dan bersihkan kotoran berlebih pada kulit. Kemudian ambil kain lembab dan bersihkan bagian atasnya. Lap tepi luar sol dan juga pelindung jari kaki berbahan karet.

Sepatu Boots Kulit

Saat sepatu masih sedikit lembap, gunakan pembersih kulit untuk menghilangkan kotoran yang tertinggal. Dengan kain lembab, usapkan pembersih ke dalam kulit, gosok dengan cepat sampai Anda mulai melihat busa, lalu kerjakan di sekitar sepatu bot. Berikan perhatian khusus pada lidah dan celah yang mengelilingi grommet renda, tempat kotoran cenderung berkumpul. Setelah Anda membersihkan seluruh boot, ambil kain basah baru dan bersihkan pembersihnya. Jika Anda belum pernah membersihkan sepatu bot Anda, Anda akan takjub melihat betapa bagusnya tampilannya setelah proses ini.

2. Pengkondisian

Tunggu sampai sepatu bot Anda kering dari proses pembersihan (saya biarkan selama sehari). Sebagian besar kondisioner akan menambah kilau pada sepatu, dan jika Anda melakukannya secara teratur, Anda akan memperpanjang umur sepatu bot Anda dan tidak perlu sering-sering membuat sepatu tahan air. Anda juga tidak perlu menunggu sepatu bot Anda tua untuk mengkondisikannya. Sepatu bot baru telah disimpan di dalam kotak yang mengering selama berbulan-bulan, jika tidak lebih lama, dan menambahkan lapisan kondisioner langsung dari gerbang akan membantu meremajakannya.

Kondisioner setiap perusahaan sedikit berbeda, tetapi prosesnya sama. Danner’s Boot Dressing adalah pasta yang mudah diaplikasikan dan membantu menghidupkan kembali tampilan dan nuansa kulit. Oleskan sedikit ke kain bersih, dan gosokkan ke seluruh sepatu. Sedikit berjalan jauh. Jangan khawatir tentang bekerja keras ke dalam kulit, yang akan menyerap kondisioner dari waktu ke waktu; pastikan Anda melapisinya secara merata dan tidak ada noda yang hilang. Setelah Anda menutupi boot, biarkan selama beberapa jam atau semalam. Kemudian ambil kain baru dan bersihkan sisa-sisanya. Karena kulit menyerap kondisioner, sepatu Anda mungkin terlihat sedikit lebih gelap daripada saat Anda memulainya. Jangan panik—ini wajar dan akan memudar seiring waktu.

3. Tahan air

Kondisioner membantu memperpanjang daya tahan kulit, tetapi jika Anda keras pada pejalan kaki Anda, atau memperhatikan bahwa air tidak lagi mengalir di permukaan, inilah saatnya untuk menerapkan kembali beberapa bahan anti air. Anda memiliki beberapa pilihan: semprotan silikon, lilin lebah kuno, atau lilin berbahan dasar cairan.

Semprotan silikon adalah yang paling mudah diterapkan, tetapi menurut pengalaman saya, itu tidak akan bertahan lama. Lilin lebah tidak hanya tahan air, tetapi juga mengkondisikan dan melindungi kulit. Saya memilih perawatan lilin lebah pada kulit gandum penuh karena alasan ini, tetapi jika sepatu bot Anda memiliki lapisan Gore-Tex, Anda harus menghindari lilin lebah karena dapat merusak daya tahan bahan—itulah sebabnya pemilik sepatu bot kulit gandum penuh dengan Gore- Tex harus memilih lilin berbasis cairan. Ini tidak tahan lama seperti lilin lebah, tetapi lebih mudah diaplikasikan dan menyerap lebih cepat.

Sno-Seal adalah agen waterproofing lilin lebah tepercaya yang akan bertahan sepanjang musim. Taruh sedikit pada kain, dan kerjakan lilin ke dalam kulit dalam lingkaran kecil. Ini bekerja paling baik jika kulitnya hangat. Saya suka meletakkan sepatu bot saya di bawah lampu pemanas (hanya sebentar—Anda tidak ingin sepatu itu panas) atau membiarkannya duduk di samping jendela yang cerah. Setelah mengoleskan lapisan tipis lilin pada sepatu, biarkan menyerap. Ulangi proses ini dua atau tiga kali, sampai kulit berhenti menyerap lilin. Kemudian ambil lap bersih dan singkirkan kelebihannya.

4. Menggosok

Jangan abaikan langkah ini, karena ini dapat membuat sepatu bot Anda yang baru dikondisikan dan di-wax terlihat berkilau. Menggosok sepatu bot Anda dengan baik dan benar akan membuat sepatu bot Anda lebih awet dan tahan lama untuk dipakai. Anda bisa mengecek cara menggosok sepatu bot yang benar dengan cek disini. Ambil sikat bulu kuda dan pukul kulit dengan lembut dalam gerakan melirik cepat, kerjakan di sekitar kulit sampai mulai bersinar. Sepatu bot Anda akan terlihat berkilau. Selamat mencoba!